Thursday, June 23, 2016

Menyambut Hutama Karya

Profil Hutama Karya 
PT. HUTAMA KARYA(Persero) selanjutnya disebut PT. HK awalnya merupakan perusahaan swasta Hindia Belanda ‘Hollandsche Beton Maatschappij’ yang dinasionalisasi pada tahun 1961 berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) RI No. 61/1961 Tanggal 29 Maret 1961 dengan nama PN. HUTAMA KARYA.
Image result for hutama karyaTahun 1960 merupakan tonggak transformasi PT. Hutama Karya dari perusahaan swasta 'Hollandsche Beton Maatschappij ‘ menjadi  PN. HUTAMA KARYA. Sejak fase transformasi, PN. Hutama Karya telah menghasilkan karya konstruksi yang bernilai sejarah dan monumental seperti Gedung DPR/MPR RI, Monumen Patung Pancoran.  Menandai dimulainya  teknologi Beton pra Tekan  di Indonesia, dimana PN. Hutama Karya telah mengenalkan sistem prategang BBRV dari Swiss. Sebagai wujud eksistensi terhadap teknologi ini PN. Hutama Karya membentuk Divisi khusus prategang. Pada dekade ini Hutama Karya berubah status menjadi PT. Hutama Karya (Persero).


PT. Hutama Karya telah merevitalisasi diri dengan melakukan pengembangan usaha untuk sektor-sektor swasta dengan pembangunan: High Rise Building (Bakrie Tower, Apartemen), infrastruktur (Jalan TOL). Seiring dengan perkembangan tersebut, kualitas dan mutu tetap menjadi perhatian PT. Hutama Karya. Hal ini terbukti dengan didapatkannya ISO 9001:2008, ISO 14001:2004 dan OHSAS 18001:2007. Perubahan lingkungan strategis memacu PT. Hutama Karya untuk turut berubah. Berbagai rencana di masa depan telah dicanangkan,

Karya Monumental
Beberapa proyek arsitektural HK di da¬lam negeri sudah tersebar kemana-ma¬na, diantaranya Tugu Pancoran, Ge¬dung MPR-DPR, Menara Bakrie, Apar¬tement City Resort, Apartement The H Tpwer (MMC), Apartement The Groove, Pasaraya Grande, dan Ma¬bes Polri, Jakarta, Gedung DPRD dan Masjid Al A’zhom, Tangerang, Kan-tor Gubernur Gorontolo, Gedung Pe¬me¬rin¬tahan dan Masjid Raya Batam, Ho¬tel Legian Nirwana Bali, Velodrom Teng¬ga¬rong, Kalimantan Ti¬mur, Renovasi Kam¬pus IPB, Bogor, Jem¬¬ba¬tan Se¬mang¬gi, Jembatan Musi, Pa-lembang, Jem¬batan Kertanegara II dan Jembatan Mar¬ta¬dipura, Kalimantan Ti¬mur, Jalan Tol Cipularang, Jawa Barat, Jalan Tol JORR W1 dan Cawang-Tanjung Priok, Ja¬¬kar¬ta, Bendungan Pelaparado, NTB, Pem¬¬bangunan PT McDermott Hea¬vy Skid¬way, Batam serta Dermaga Ar¬ma¬da Ba¬¬rat, Jakarta.

Merambah Bisnis Jalan Tol
Seiring dengan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 100 Tahun 2014 yang kemudian diperbarui menjadi Perpres Nomor 117 Tahun 2015, PT. Hutama Karya (Persero) resmi diberi amanah mengembangkan 2.770 kilometer jalan tol di Sumatera dengan prioritas 8 ruas pertama hingga tahun 2019 sepanjang 650 kilometer.

Pengelolaan Tol JORR Seksi S
Pada tanggal 16 Maret 2016 tepat pukul 12.30 WIB, secara resmi dilakukan serah terima “Barang Rampasan” dari Jasa Marga kepada Negara dalam hal ini PT Hutama Karya, yakni tol ruas JORR seksi S.
Dalam laporan yang disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat selaku pihak eksekutor saat menghantar prosesi penandatanganan Berita Acara, “bahwa ‘barang rampasan’ berupa tol ruas JORR seksi S telah diserahkan kepada Negara c.q. PT Hutama Karya yang seratus persen sahamnya adalah milik Negara...”. Lebih lanjut yang bersangkutan juga menyampaikan bahwa yang dimaksud ‘barang rampasan’ adalah Hak Konsesi atas tol ruas JORR seksi S beserta seluruh aset maupun bangunan diatasnya. Momentum ini pula yang membuka keran kerjasama antara Hutama Karya dengan JLJ.

Menyambut Hutama Karya
Dengan terjalinnya kerjasama antara JLJ dengan Hutama Karya terkait pengoperasian ruas JORR seksi S, maka Hutama Karya menjadi pelanggan baru bagi JLJ. Hutama Karya menjadi pelanggan yang berbeda dibandingkan dengan pelanggan JLJ sebelumnya karena bukan berasal dari pemegang saham (bussines to bussines).  Untuk itu kita harus profesional dalam mewujudkan pemenuhan persyaratan dalam kontrak kerja sehingga tercapai kepuasan yang melebihi harapan pelanggan yang dalam hal ini Hutama Karya.
Disisi lain dalam implementasi Tata Nilai, sejak tahun 2006 JLJ telah menggunakan ISO 9001:2008 untuk memastikan terpenuhinya persyaratan pelanggan dan untuk mencapai kepuasan pelanggan.

No comments:

Post a Comment