Untuk
mengarahkan, memotivasi dan memastikan seluruh Karyawan agar memberikan
kontribusi maksimal sesuai dengan bidangnya sebagai upaya pencapaian Visi dan
Misi Perusahaan, berdasarkan SK Direksi No.02/KPTS-JLJ/I/2015, PT.JLJ menerapkan
sistem Manajemen berbasis Kinerja, yaitu Sistem Manajemen Kinerja ( SMKK ).
SMKK
yang diterapkan JLJ memiliki azas :
·
Selaras
, Memiliki keterkaitan antara tujuan
strategis perusahaan dengan Key Performance Indicator (KPI) unit kerja, KPI
Karyawan, dan hasil kerja Karyawan.
·
Obyektif,
Memastikan penilaian didukung oleh data dan informasi yang dapat
dipertanggungjawabkan, sehingga memberikan gambaran nyata atas kualitas dan
kuantitas hasil kerja.
·
Transparan,
Memastikan bahwa proses pengelolaan kinerja dilaksanakan secara terbuka
sehingga kinerja Karyawan dapat diketahui dan dipahami oleh yang bersangkutan.
Ruang
lingkup SMKK berlaku untuk seluruh Karyawan yang bertugas pada Perusahaan atau
Instansi luar dibagi dalam 2(dua) kelompok Karyawan, yaitu : Operasional dan
Non Operasional
Agar
penerapan SMKK lebih efektif dan efisien perusahaan melakukan inovasi dengan membuat
aplikasi Electronic Operational
Performance Appraisal (EOPA) dan Electronic Non Operational Performance
Appraisal (ENOPA).
Electronic Operational
Performance Appraisal (EOPA)
Aplikasi
EOPA merupakan aplikasi SMKK khusus untuk petugas Operasional, dimana untuk
mengaksesnya dapat melalui PC Desktop, Laptop, Smartphone maupun gadget lainnya
di url http://202.150.166.186/ .
Kriteria
penilaian EOPA antara lain :
Jabatan
|
Kriteria
|
Kepala Shift Pengumpulan Tol
|
·
Pemenuhan
waktu operasi gardu
·
Pengukuran
waktu transaksi
·
Pelaksanaan
Audit Sistem Pengumpulan Tol
·
Ketepatan
waktu pergantian shift
|
Pengumpul Tol
|
·
Pencapaian
target lalu lintas
·
Pencapaian
target pendapatan tol
·
Waktu
pelayanan transaksi
|
Kepala Shift Patroli
|
·
Konsistensi
pengendalian serah terima tugas
·
Kualitas
pengendalian penanganan gangguan perjalanan sesuai tolok ukur
·
Konsistensi
dalam melakukan observasi dalam rangkaian inspeksi pelaksanaan tugas
pelayanan lalu lintas
|
Petugas Patroli
|
·
Kualitas
pemeriksaan sarana dan kelengkapan tugas Petugas Patroli saat serah terima
terima tugas
·
Kualitas
penanganan gangguan perjalanan sesuai tolok ukur
·
Pencapaian
target jarak tempuh observasi
|
Petugas Ambulan dan Rescue
|
·
Konsistensi
dalam melakukan persiapan sarana dan kelengkapan tugas
·
Upaya
pelayanan ekselen
|
Staf Informasi dan Komunikasi
|
·
Konsistensi
dalam melakukan persiapan sarana dan kelengkapan tugas SIK
·
Konsistensi
dalam memonitor Respon Time Petugas Patroli
·
Konsisten
dalam memantau posisi Petugas Patroli melalui Radio komunikasi
|
Electronic Non Operational
Performance Appraisal (ENOPA)
Untuk
karyawan Non Operasional, aplikasi yang digunakan adalah Electronic Non
Operational Performance Appraisal (ENOPA), dimana untuk mengaksesnya di alamat http://202.150.166.102/kpi/ , juga dapat diakses melalui
PC Desktop, Laptop, Smartphone maupun gadget lainnya.
Tahapan
persiapan Manajemen Kinerja kelompok Non Operasional dimulai dari penyelarasan sasaran
KPI perusahaan. Selanjutnya, di cascade
dan dijadikan sasaran KPI unit kerja dan mengalir
sampai dengan KPI individu yang disebut dengan Sasaran Kinerja Karyawan (SKK).
SKK harus memenuhi kaidah SMART:
ü Specific and Stretching: spesifik dan menantang
ü
Measurable : terukur dan
kuantitatif
ü
Achievable and Agree : disepakati
dan dapat diterima
ü
Relevant dan Realistic : selaras
dengan KPI unit kerja dan sesuai dengan kompetensi tuntutan jabatan dan sumber
daya
ü Timely : berbatas waktu
Prinsip Keadilan
Sistem
Manajemen Kinerja Karyawan diharapkan dapat memberikan keadilan bagi
karyawan.Seperti yang disampaikan oleh Kepala Biro SDM JLJ, Bambang Irawan,
”Karyawan yang memiliki kinerja baik akan menerima benefit yang lebih, karena
SMKK berpengaruh terhadap kompensasi yang diberikan!”. Lebih lanjut beliau
berharap, dengan penerapan SMKK, dapat memotivasi Karyawan untuk lebih
meningkatkan produktivitas sehingga kinerja Perusahaan dapat terus meningkat.
Semoga
dengan penerapan SMKK (EOPA /ENOPA) dapat berjalan dengan baik sehingga dapat
meningkatkan performa Perusahaan untuk menghadapi tantangan bisnis dimasa
depan.
No comments:
Post a Comment